Apa Sih Shore Hardness Tester (Durometer) Itu?

Shore hardness tester atau durometer adalah instrumen yang memakai prinsip yang dipakai untuk mengukur kekerasan didasarkan pada mengukur kekuatan perlawanan dari penetrasi jarum ke dalam bahan uji di bawah beban pegas diketahui. Beberapa bahan yang bisa diuji oleh durometer (jenis durometer) yaitu, terdapat yang dipakai untuk Karet, Plastik, Pipa, Kayu dan beda – lain.

durometer

Shore Hardness Tester Atau Durometer

Kekerasan bisa didefinisikan sebagai perlawanan bahan guna indentasi permanen. Skala durometer didefinisikan oleh Albert F. Pada tahun 1920, Shore adalah pengembangkan perlengkapan pengukuran guna mengukur Shore kekerasan. Sebutan durometer ini kerap dipakai untuk merujuk terhadap pengukuran dan pun instrumen tersebut sendiri.

Perangkat ini seringkali digunakan sebagai ukuran kekerasan dalam polimer, elastomer, dan karet. Tetapi perlengkapan shore ini bukan lah tester kekerasan kesatu maupun kesatu yang dinamakan sebagai durometer (ISV duro-+ meter; diperlihatkan sejak abad ke-19). Namun sekarang perlengkapan ini seringkali mengacu pada kekerasan Shore (perangkat lain melulu disebut hardness tester).

Skala Durometer

shore hardness test

Durometer ini ada sejumlah skala yang dipakai untuk bahan dengan sifat yang berbeda. Ada dua skala yang sangat umum dipakai yaitu tipe A dan tipe D. Skala A ini dipakai untuk plastik yang lembut,sementara skala D dipakai untuk yang lebih keras. Namun, standar pengujian guna total 12 sisi, tergantung pada tujuan pemakaian ; tipe A , B , C , D , DO , E , M , O , OO , OOO , OOO – S , dan R. Setiap skala menghasilkan nilai antara 0 dan 100 , dengan nilai yang lebih tinggi mengindikasikan bahwa material itu lebih keras.

Metode pengukuran

Sama halnya seperti tidak sedikit uji kekerasan lainnya, bahwa durometer ini mengukur kedalaman lekukan dalam pelajaran yang dibuat oleh suatu kekuatan yang diserahkan pada kaki Presser standar. Kedalaman ini tergantung pada kekerasan material yaitu, sifat viskoelastik nya, format kaki Presser, dan masa-masa pengujian.

Baca Juga : Uji Kualitas Beton Dengan Alat NDT

Tes dasar tersebut memerlukan penerapan gaya yang konsisten, kedalaman lekukan, dan tidak terdapat kejutan. Misalnya, kekerasan yang diuji mempunyai waktu guna penerapan gaya dan lantas dibaca kekerasan dari benda tersebut.

NDT Indonesia ialah perusahaan penyedia produk dan jasa NDT di Indonesia. Salah satunya ialah menjual perangkat shore hardness tester atau durometer ini dan meluangkan jasa guna kalibrasi alat-alat NDT tersebut.

Leave a comment