Apa Yang Dimaksud Flaw Detector?

Apa yang dimaksud flaw detector ?

Flaw detector ialah suatu perangkat uji guna pengukuran mendeteksi cacat pada material. Dari semua software pengujian industri, deteksi cacat memakai alat ini ialah yang tertua dan yang sangat seringdipakai sejak tahun 1940-an. Flaw Detector ini memungkinkan semua pemakai guna memecahkan sekian banyak  tugas dari pengukuran produk berukuran tipis guna deteksi cacat yang berukuran besar.

Flaw detector dapat menjadi pilihan bagi kamu yang memerlukan pengujian dan pengukuran guna standar kualitas produk metal dan non metal. baik pengujian keretakan metal, NDT, heat reduction dan sebagainya cocok dengan spesifikasi produk.

Flaw detector di untuk menjadi 2 jenis yaitu:

Ultrasonik flaw detector

Ultrasonic Flaw Detector ialah alat guna mendeteksi retakan tersembunyi, void, porositas, dan diskontinuitas internal lainnya dalam logam, komposit, plastik, dan keramik. Manfaat utama deteksi cacat ultrasonik ialah prosesnya paling cepat. kita tidakmembutuhkan prosedur yang panjang guna mendeteksi permukaan. Andabisa dengan gampang mendeteksi sekian banyak  kekuranganpelajaran dengan perlengkapan sederhana.

Prinsip kerja Ultrasonik flaw detector

Prinsip kerjanya ialah dengan memanfaatkan rambatan gelombang ultrasonik yang dikeluarkan oleh transduser pada benda kerja danlantas gelombang baliknya diciduk oleh receiver.Gelombang yang diterima ini bisa diukur intensitasnya, masa-masa perambatan atau resonansi yang dimunculkan sehingga pada umumnya pengecekan ultrasonik ini didasarkan pada perbedaan intensitas gelombang yang diterima serta masa-masa perambatannya.

Kelebihan Ultrasonik flaw detector

Ultrasonik flaw detector ini mempunyai keunggulan dalam mendeteksi kecacatan benda melewati ultrasonic, yang ketika menyala dan sensorditunjukkan maka secara otomatis ia akan mengindikasikan pada layar display dengan teknik tampilan gelombang. Range yang ada dalamperlengkapan ini dapat mendeteksi Kecacatan Benda ini sendirihingga 9999 mm dalam baja , flaw Detector Pendeteksi Kecacatan Benda dengan Ultrasonic sesuai untuk dipakai pada benda kerja yang besar dan dalam pengukuran resolusi tinggi.

Magnetic flaw detector

Magnetic flaw detector ialah alat guna mendeteksi retak permukaan dan permukaan bawah permukaan dari seluruh jenis (serpihan, kurangnya sambungan las fusi, air mata dll.) Pada struktur yangtercipta dari bahan feromagnetik.

Prinsip kerja magnetic flaw detector

Menemukan adanya pembentukkan medan magnet baru (medan bocoran)dampak garis gaya magnet yang terpotong oleh discontinuity sampai-sampai akan unik partikel magnetic guna berkumpul di dekat medan bocoran.

Kelebihan magnetic flaw detector

Perangkat ini mempunyai dua magnet permanen yang ditempatkan di dalam kerang silinder, yang dihubungkan oleh kawat magnetik fleksibel, sampai-sampai dapat dipakai untuk MPI tempat terpencil, lasan sudut dan produk lainnya dengan berbagai format dan ukuran.

NDT Indonesia merupakan perusahaan penyedia produk maupun jasa NDT di Indonesia.

Leave a comment