Fungsi Dan Pengertian Coating Thickness Gauge

Sudah tahu apa coating thickness gauge itu? Namun, sebelum saya membicarakan coating thickness gauge saya akan menyatakan terlebih dahulu mengenai media yang bakal diukur yakni cairan khususnya cat. Pastinya, semua pembaca telah memahami apa sih tersebut cat? Ya, sebab memang barangkali di setiap lokasi tinggal atau di lingkungan kamu sekarang tidak lepas dari eksistensi cairan yang satu ini yang seringkali digunakan guna menghiasi dan mengayomi dinding rumah. Oleh karena itu, dengan pertumbuhan pembangunan yangpaling pesat pada desa maupun kota maka tingkat pemakaian cat punbakal semakin bertambah untuk destinasi tertentu.

Pengertian cat secara umum merupakan sebuah produk yang diciptakan dengan maksud untuk mengayomi dan memperindah suatu objek atau permukaan dengan melapisinya dengan lapisan berpigmen ataupun tidak berwarna (pernis). Biasanya, cat pun di pakai pada suatu karya seni yang mempunyai nilai jual paling tinggi. Oleh karena itu, cat tidak hanya dipakai pada dinding lokasi tinggal saja tetapi pada objek apa saja contohnya kendaraan, karya lukis, pekerjaan industri, dan masih tidak sedikit lagi.

Akan tetapi, cat akan merasakan penipisan dan bakal mengelupas. Cara mencegahnya merupakan dengan memakai produk cat yang telah teruji lalu mengerjakan metode pencampuran gunakan bahan lainnya dengan presentase komparasi 70 (cat) : 30 (bahan lainnya) supaya cat menjadi duratif dan tidak cepat merasakan penipisan.

Cara menyaksikan cat yang sedang merasakan penipisan atau telah terlanjur menipis dengan teknik mengamati suasana cat secara langsung pada sebuah objek tetapi hasilnya pun tidak begitu efektif dan tidak terlampau akurat. Tetapi kini telah ada perangkat yang bisa mendeteksi dengan cepat dan gampang sekali,yakni alat coating thickness gauge yang bisa mendeteksi tingkat ketebalan cat dan situasi cat dengan akurat sampai-sampai dapat memperkirakan daya tahan cat yang sedang diukur.

Baca juga : Uji Kualitas Beton Dengan Alat NDT

Coating thickness gauge ialah alat ukur professional dan telah teruji kualitasnya guna mengukur ketebalan cat dengan tingkat keakuratan tinggi. Memiliki desain khusus guna mengukur lapisan non-destruktif dan dapat melakukan pengujian dengan cepat dan paling presisi dalam pengujian. Kegunaan dari perangkat ini yaitu guna mendeteksi ketebalan pada cairan seringkali cat di suatu permukaan objek yang di cat, misal pada cat stoving standar seringkali diujiguna mendapatkan ketebalan cat yang berkisar pada 35-55mm.

coating thickness

Coating Thickness Gauge

Cara untuk memakai alat coating thickness sangatlah gampang yaitu:

  1. Cukup tempelkan perangkat coating thickness gauge pada objek yang di cat
  2. Kemudian, bakal terlihat angka pada layar display
  3. Setelah di tempelkan sejumlah menit kemudian data-data hasil pengukuran bakal telihat pada layar display
  4. Memiliki tingkat keakuratan yang tinggi sampai ±0,1 mm, sehinggabisa jadi untuk salah paling kecil.

Merawat perangkat ini pun sangat simple dan gampang dengan teknik :

  • Melepas baterai dari alat andai tidak digunakan, untuk menangkal kebocoran baterai
  • Membersihkan alat lumayan dengan kain kering, jauhkan dari air danjangan basah khususnya pada unsur sensor
  • Simpan perangkat di lokasi yang kering, tidak boleh terlampau lembab dan jauhkan dari sinar matahari langsung.

NDT Indonesia ialah perusahaan penyedia produk dan jasa NDT di Indonesia. Salah satunya ialah menjual perangkat coating thickness gauge dan jasa kalibrasinya.