Metode Coating Testing, Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Coating Testing atau biasa di sebut pengujian lapisan ini ialah suatu cara atau teknik dengan pertolongan alat yang di pakai untuk menguji sebuah lapisan laksana cat, minyak ataupun lapisan lainnya. Bagi pengujian yang bakal kita kupas kali ini ialah pengujian lapisan pada cat mobil.

Yang bisa diukur atau diuji dari bahan cat merupakan viskositasnya. Secara definisi, viskositas adalahsebuah pengukuran dari keawetan fluida yang diolah dengan desakan maupun tegangan. Masalah yang tidak jarang timbul pada vikositas ini seringkali dari ketebalannya maupun pergesekan internal.

Oleh sebab itu, air yang tipis seringkali mempunyai viskositas lebih rendah dikomparasikan dengan madu yang tebal mempunyai viskositas yang tinggi. Mudahnya, semakin rendah viskositas sebuah fluida maka semakin besar pergerakan dari fluida tersebut sendiri.

Pengujian viskostas atau lebih dikenal dengan sebutan viscosity testing ialah sebuah teknik pengujian kekentalan cairan laksana cat, oli, minyak, dan masih tidak sedikit cairan lainnya. Nilai viskositas dari cat merupakan hal penting guna menilai hasil dari cat tersebut.

Misalnya, andai kita memakai cat yang nilai viskositasnya lebih rendah dibanding nilai normal, maka cat bakal menetes dan mengalir pada lapisan yang menciptakan hasil dari cat menjadi buruk. Dan sebaliknya, andai nilai viskositas cat lebih tinggi daripada standar atau normal, maka lapisan cat bakal cacat dan timbul bintik ataulaksana pori-pori pada kulit jeruk.

Alat Coating Testing yang biasa di pakai ialah jenis coating thickness gauge.

coating thickness.jpg

Coating Thickness Gauge

Coating thickness gauge adalah sebuah perangkat ukur professional dan teruji guna mengukur ketebalan cat dengan praktis. Di format khusus guna pengukuran lapisan non-destruktif dan dapat mengerjakan pengukuran dengan cepat guna mendapatkan hasil yang akurat dengan pengukuran ketebalan yang presisi.

Kegunaan dari coating thickness gauge guna mendeteksi ketebalan pada cat pada sebuah permukaan objek yang di cat, misal untuk cat stoving standar seringkali melakukan pengujian ketebalan cat berkisar 35-55mm.

Berikut ini ialah cara memakai alat Coating thickness gauge :

  • Cukup tempelkan perangkat coating thickness gauge pada objek yang di cat
  • Kemudian, bakal terlihat angka pada layar display
  • Setelah di tempelkan sejumlah menit kemudian data-data hasil pengukuran bakal telihat pada layar display
  • Memiliki tingkat keakuratan yang tinggi sampai ±0,1 mm, sehinggabisa jadi untuk salah paling kecil.

Cara mengasuh Coating thickness gauge dengan gampang :

  • Melepaskan batrai dari alat supaya menghindari kebocoran pada batrai
  • Cukup mengelap alat memakai lap kering supaya alat terhindar dari debu dan tidak boleh sampai alat terpapar air khususnya sensornya
  • Simpan perangkat di lokasi yang kering, tidak boleh sampai di taro di lokasi lembab dan jauhkan dari sinar matahari secara langsung

NDT Indonesia merupakan penyedia produk dan jasa untuk alat NDT di Indonesia

Leave a comment